Cara Mengetahui Link Asli Yang Dipersingkat

Mungkin kalian pernah menemukan Link dari suatu media sosial ataupun dari teman yang mengirimkan pesan, tetapi Link itu sangatlah singkat dan hanya berisi beberapa angka dan huruf pada domainnya, lalu bagaimana cara mengetahui isi domain itu sebelum kalian menekannya?? mungkin kalian yang bertanya tentang ini adalah orang yang sadar akan ancaman keamanan yang selalu mengintai. Dan berikut ini saya akan menjelaskan beberapa hal penting yang perlu kalian ketahui tentang Link yang di persingkat.


Ada banyak penyedia untuk mempersingkat link, diantaranya yang populer andalah Bit.ly dan TinyURL, mereka adalah dua dari banyak penyedia penyingkat link yang paling sering digunakan banyak orang. tujuan dari penyingkat link ini adalah salah satunya untuk mempermudah dalam pengetikan alamat web yang akan dituju, namun kita tidak pernah tau akan ditunjukan ke web mana.


Baca Juga : Linux Terbaik untuk Laptop dan Komputer Jadul

Bahaya Menekan Link Yang Dipersingkat

Dapat dimanfaatkan oleh sejumlah orang yang tidak bertanggung jawab, Link yang dipersingkat dapat dimanfaatkan untuk melakukan penyamaran ataupun menyembunyikan Link yang asli, hal ini dilakukan agar kalian menekannya.


Mereka yang memanfaatkan ini biasanya akan melakukan kegian Phising dimana kalian akan diarahkan pada situs palsu dan bisa saja ketika kalian menekan Link tersebut anda langsung mulai mengunduh file yang yeng berisi perangkat lunak jahat.


Yang Perlu Dilakukan Sebelum Menekan Link Yang Dipersingkat

  • Pastikan kalian mendapatkan Link tersebut dari sumber yang terpercaya.
  • Jika ada keterangan yang dituliskan Link itu menuju kemana bacalah dengan cermat jika tidak tanyakan kepada pengirim akan menuju kemana Link tersebut.
  • Cek sebelum anda menekan Link tersebut.


Cara Mengecek Link Yang Dipersingkat

Ada beberapa cara yang dapat dilakuakan untuk mengetahui/menampilkan Link yang dipersingkat, diantaranya sebagai berikut :


Menambahkan element pada Domain

1. bit.ly untuk mengetahuinya anda cukup menambahkan tanda "+" pada domain akhir.

Contoh: http://bitly.com/2Lx7Kei+

cara menampilkan link




2. tiny,cc untuk mengetahuinya anda cukup menambahkan tanda "=" pada domain akhir.

Contoh : https://tiny.cc/g5u7tz=

cara menampilkan link



3. is.gd untuk mengetahuinya anda cukup menambahkan tanda "-" pada domain akhir.

Contoh : https://is.gd/lE7GNx-

cara menampilkan link



Baca Juga : Daftar Repository Lokal Indonesia Ubuntu 14.04 LTS (Lengkap)


Mengunakan Layanan online

Jika kalian ingin mendapatkan info Link yang lebih terperinci dari suatu Link yang dipersingkat anda dapat mengunakan layanan online seperti GetLinkInfo, cara menggunakannya cukup mudah anda hanya cukup memasukan Link dan tekan enter.

cara menampilkan link



Jika anda menggunaka GetLinkInfo anda akan mendapatkan banyak informasi seperti judul, deskripsi, kemana arah Link akan menuju dan juga anda akan diberitahu External Link yang ada pada web yang akan dituju.


Kesimpulan 

di Era digital ini kita harus lebih hati-hati dalam mengambil tindakan, bisa saja hal kecil yang kalian lakukan dapat berakibat fatal. Jadi mencari tahu sebelum bertindak itu penting, karena banyak orang diluar sana yang memanfaatkan kemudahan ini untuk hal yang tergolong melanggar aturan.


Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama