Apa Itu Linux?? Mengenal Lebih Jauh Tentang Sistem Oprasi Linux

Hal pertama yang perlu kita bahas adalah hal umum tentang Linux. Singkatnya, Linux adalah sistem operasi. Bagi Anda yang tidak tahu apa itu sistem operasi, dan untuk Anda semua yang berpikir Anda tahu tapi mungkin lupa apa itu sistem operasi, sebenarnya lapisan perangkat lunaknya antara perangkat keras Anda dan perangkat lunak yang memungkinkan Anda mendapatkan sesuatu produktif dilakukan di komputer.


Sistem operasi inilah yang memungkinkan perangkat lunak untuk berbicara dengan perangkat keras. Ini adalah salah satu yang memungkinkan Anda menyimpan informasi pada hard drive, mengirimkan pekerjaan cetak ke printer, dll. 


picture


Baca Juga : 30+ Perintah Dasar Linux | Beserta Contoh Penggunaanya

Mengenal Linux

Linux adalah sistem operasi yang bertindak sebagai perantara. sebuah jembatan antara perangkat fisik dan kode instruksional suatu program. Hal utama itu yang perlu anda sadari adalah bahwa di dunia Linux, perangkat lunak yang dijalankan sama sekali berbeda dibandingkan dengan yang akan Anda jalankan di sistem operasi Windows. Aplikasi desktop seperti Microsoft Office dan Adobe Photoshop biasanya tidak berjalan di lingkungan Linux. 


Linux biasanya menjalankan server seperti server web Apache, server basis data, server virtualisasi web, dll. Namun, ada berbagai distribusi Linux di luar sana yang dibuat secara khusus untuk komputer desktop pribadi. Distribusi Linux ini mirip dengan Windows dan Mac OS, dalam arti bahwa mereka menjalankan jenis program yang sama seperti Program Pemrosesan Kata, program pengeditan foto dan video, penelusuran web aplikasi, aplikasi pengembangan program, game Linux ini dll. Distro lebih ditujukan untuk pengguna rumahan yang hanya ingin beroperasi secara gratis alternatif sistem.


Sejarah Linux

Linux, adalah sistem operasi komputer yang dibuat pada awal 1990-an oleh insinyur perangkat lunak Finlandia Linus Torvalds dan Free Software Foundation (FSF). Saat masih menjadi mahasiswa di Universitas Helsinki, Torvalds mulai mengembangkan Linux untuk membuat sistem yang mirip dengan MINIX, sistem operasi UNIX. 


Pada tahun 1991 dia merilis versi 0.02; Versi 1.0 dari kernel Linux, inti dari sistem operasi, dirilis pada tahun 1994. Kira-kira pada waktu yang sama, pengembang perangkat lunak Amerika Richard Stallman dan FSF berupaya untuk membuat sistem operasi mirip UNIX sumber terbuka yang disebut GNU. Berbeda dengan Torvalds, Stallman dan FSF memulai dengan membuat utilitas untuk sistem operasi terlebih dahulu. Utilitas ini kemudian ditambahkan ke kernel Linux untuk membuat sistem lengkap yang disebut GNU / Linux.


Tujuan Linux Dibuat

Alasan Linus Torvalds menciptakan Linux adalah karena dia ingin membuat sistem operasi open source untuk digunakan orang. Dulu, UNIX bukanlah open source. Jika Anda ingin menggunakan UNIX, Anda harus membayar seseorang untuk menggunakan UNIX. Microsoft Windows juga begitu anda selalu harus membayar untuk menggunakan Microsoft Windows. 


Jadi Linus Torvalds, sebagai insinyur komputer, menginginkan sistem operasi yang sepenuhnya gratis. Dia dan teman-temannya di Massachusetts Institute of Technology, atau M.I.T., menginginkan sistem operasi yang tidak perlu mereka bayar untuk digunakan dan juga akan membantu mereka membuat program komputer yang mereka inginkan. untuk membuatnya lebih efisien dan mudah. Dengan kata lain, mereka menginginkan sistem operasi yang dapat mereka sesuaikan agar sesuai dengan kebutuhan mereka serta sepenuhnya gratis untuk digunakan.


Baca Juga : Mengulas Tuntas Desktop Environment (DE)

Manfaat Menggunakan Linux

  • Menjadi open-source, siapa pun yang memiliki pengetahuan pemrograman dapat memodifikasinya.
  • Sangat mudah mempelajari Linux untuk pemula
  • Sistem operasi Linux sekarang menawarkan jutaan program / aplikasi dan perangkat lunak Linux untuk dipilih , kebanyakan gratis!
  • Setelah Anda menginstal Linux, Anda tidak lagi memerlukan antivirus! Linux adalah sistem yang sangat aman. Terlebih lagi, ada komunitas pembangunan global yang terus mencari cara untuk meningkatkan keamanannya. Dengan setiap peningkatan, OS menjadi lebih aman dan kuat
  • Freeware Linux adalah OS pilihan untuk lingkungan Server karena stabilitas dan keandalannya (Perusahaan besar seperti Amazon, Facebook, dan Google menggunakan Linux untuk Server mereka). Server berbasis Linux dapat berjalan tanpa henti tanpa reboot selama bertahun-tahun.


Jadi itulah ulasan singkat mengenai linux, sekarang kalian sudah tau apa itu Linux, sejarah, tujuan hingga manfaat yang bisa kita dapat dengan menggunakan Linux, lalu apakah kalian sudah tau kalau Linux itu ternyata memiliki banyak jenis atau juga bisa dibelang linux itu mempunyai distro yang beragam, berikut  5 Jenis Distro Linux Terbaik Bagi Pemula


Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama