Program dan Pemrograman, Apakah Berbeda?




Program dan Pemrograman, istilah di samping pada kenyataanya adalah dua hal yang berbeda namun apa yang membedakan kedua hal tersebut? namun pada artikel ini, saya mungkin akan membahas lebih jauh, tidak hanya dua istilah di atas saja yang akan saya bahas namun juga beberapa istilah lainya yang penting untuk kalian ketahui.


Semakin meningkatnya kemajuan jaman semakin banyak orang yang mencoba untuk menggeluti di bidang teknologi, kesadaran akan cepatnya pertumbuhan teknologi ini sehingga banyak dari mereka belajar lebih dalam lagi, namun pada saat awal mempelajari bidang ini mereka merasa kesulitan memahami istilah-istilah yang ada.


Biasanya pada awal pelajaran pemograman anda akan dikenalkan dengan yang namanya algoritma, algoritma adalah rangkaian perintah ataupun intruksi yang ditulis oleh pemrogram yang kemudian intruksi itu akan dijalankan oleh komputer. namun perlu diketahui bahwa komputer tidak mengerti bahasa sehari-hari seperti biasa kita berintraksi, komputer hanya mengerti bahasanya yaitu bahasa mesin yang terdiri dari bilang biner yaitu 0 dan 1.


Algoritma yang ditulis dalam bahasa komputer disebut program dan bahasa komputer yang digunakan dalam membuat program dinamakan bahasa pemrograman. Dalam hal ini kita perlu ketahui bahwa bahasa program juga di bagi menjadi beberapa tingkatan, mulai dari bahasa tingkat rendah (low-level language) hingga bahasa tingkat tinggi (high-level language).


Orang yang membuat program di sebut juga pemrogram, dalam membuat program seseorang biasanya akan membuat rancangan dan baru menulis program tersebut, kegiatan merancang dan menulis program ini bisa juga kita sebut sebagai pemrograman. Dalam merancang suatu program biasanya seseorang tidak langsung menuliskan dalam bahasa program yang nantinya akan dia tulis, melainkan akan membuat notasi algoritma. 


Notasi algoritma dibagi menjadi tiga jenis yaitu bagan alir (flowchart), kalimat deskriptif, dan juga pseudo-code. seorang pemrogram tidak perlu menulis dengan tiga jenis notasi algoritma namun satu saja cukup, karena fungsi notasi algoritma itu sendiri adalah untuk membuat gambaran bagaimana nantinya program akan kita tulis menggunakan bahasa program.


Pada akhirnya istilah-istilah itu memang perlu kita ingat, disamping untuk menambah pengetahuan juga dapat membuat kita lebih tampak percaya diri dalam mempelajari hal yang lebih sulit nantinya.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama